Wednesday, January 16, 2008
TENTANG PAPA..
Assalamu'alaikum......

Apa kabar semua? Mudah2an selalu dalam lindungan Allah SWT. Pertama, gw mo ucapin makasiiiiiihhhh banyak-banyak buat temans semua yang udah care banget sama gw, mulai dari drop comments or shoutbox, sms, telp, sampe email.. Allah bener2 sayang banget deh ama gw karena punya temen sebaek kalian.. :D

Sekarang ini kondisi Papa alhamdulillah berangsur pulih, meski makin banyak pantangan mulai dari makanan sampe aktifitas.
Sampai hari ini Papa masih jalanin terapi di International Holistic Tourist Hospital di Purwakarta. Beliau harus turunin berat badan minimal 10kg, tapi tetap dengan asupan seimbang. Karena kita juga belom ngerti banget cara berdiet yang baik & sehat, makanya Papa disuruh nginep di Purwakarta dulu sekalian ngejalanin terapi lainnya..

Jadiiiii Papa itu sakit apa siy???

Papa mulai ngerasa jantungnya bermasalah itu pas gw masih kuliah. Dikasih tau sama temen2 kantornya kalo Papa harus banyak olahraga, trus mulai deh dia giat olahraga. Tapi kenyataannya jantungya makin sakit. Larilah ke RS Harapan Kita yang kebetulan adik kandung Papa kerja di situ.

Ternyata oh ternyata... Apa yang Papa lakuin selama ini SALAH...!! Bukan penyempitan pembuluh jantung melainkan pelebaran aorta. Astaghfirullah....
Semua dokter di Harapan Kita aja pada bingung kok bisa melebar bukannya menyempit? Gak puas dengan Rontgen Papa pun disuruh MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Hasilnya bener, Aorta kanan Papa melebar dan sudah 3cm (sekitar th 1999). Dokter gak bisa apa-apa, hanya bisa kasih obat. Operasi pun ga bisa seperti pasien penyempitan jantung lainnya. Ya udah, kita pun bener2 bertawakkal sama Allah, selalu berbaik sangka, berusaha ga bikin Papa marah, dsb.

Tapiiiii namanya bukan Papa kalo gak bandel.. :P
Pantangan Papa tuh banyak dari dulu, diantaranya gak cepet emosi, ga makan daging, gak beraktifitas yang bikin cepet lelah, dan ga ngangkat2 beban berat. Karena dia ngerasa sehat (dan emang ga pernah keliatan sakit) semua pantangan itu dia langgar.
Sampe dengan kemarin ternyata pelebaran udah lebih dari 7cm dan ada indikasi aorta nya sobek.

Astaghfirullah... anak mana yang ga patah hati ngeliat orang tuanya begitu? :(
Beberapa waktu sebelum dirawat, dokter sempet nganjurin Papa untuk operasi ke Jepang. Katanya di sana udah pernah punya pasien seperti Papa. Tapi.. prosentase keberhasilan kecil. Kalopun berhasil ada kemungkinan Papa bakal cacat, karena selama operasi ada aliran darah ke otak yang di STOP. Semakin lama penjepitan itu makin buruk hasil operasinya.

Sekarang ini, Papa harus mengencerkan darah supaya proses kerja jantung ga terlalu berat. Selain itu harus lebih langsing supaya ga berat bawa beban sendiri..

Di Purwakarta ini alhamdulillah Papa betah. Karena tempatnya yang sejuk, asri, tenang.. Pemandangannya OK banget, disamping kamar ada aliran air sungai yang jadi terapi tersendiri buat beliau.
Ais aja betah banget di sana..

Mo minta do'anya lagi nih temans.. Tanggal 24 Jan '08 inshaallah kita bakal ke Sorowako acara nikahannya Ricky. Mudah2an kita dikasih kesehatan, keselamatan, dari mulai berangkat, di sana dan sampe kembali ke Jakarta lagi.. Amin..